Politeknik Negeri Fakfak

Jalan Imam Bonjol Atas, Air-Merah Wagom

Kreatif, Inovatif, Disipilin

Profil Singkat PPID-POLINEF

Kamis, 18 April 2019 ~ Oleh Tatan Saepulloh ~ Dilihat 265 Kali

Salah satu implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Ketebukaan Informasi Publik, mendorong setiap badan publik untuk mengadopsi, mengatur skema publik dan membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi atau PPID. Skema publik memfasilitasi pemberitaan yang mendukung informasi, memainkan peranan penting dan memberikan keterbukaan yang lebih luas dan transparan dalam sektor publik. Politeknik Negeri Fakfak merupakan salah satu Badan Publik (BP) yang berada di bawah Koordinasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Salah satu harapan dibentuknya PPID Politeknik Negeri Fakfak bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab (good governance) melalui prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi dan supremasi hukum serta melibatkan partisipasi masyarakat dalam setiap proses kebijakan publik.

Setiap Badan Publik mempunyai kewajiban untuk membuka akses atas Informasi Publik yang berkaitan dengan Badan Publik tersebut untuk masyarakat luas. Sesuai dengan amanat pasal 13 UU No.14 Tahun 2008, Politeknik Negeri Fakfak telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui Surat Keputusan Direktur Nomor: 937/PL35/KP/2018 Tentang Pengangkatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Petugas Informasi di Lingkungan Politeknik Negeri Fakfak. Surat Keputusan (SK) ini diterbitkan dengan mengikutkan Peraturan Direktur Nomor: 1501/PL35/HM/2019 Tentang Pembentukan Pengelolah Layanan Informasi dan Dokumentasi (PLID) dan Penunjukan Pejabat Pengelolah Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Lingkungan Politeknik Negeri Fakfak.

Informasi mengenai regulasi dapat diperoleh pada website Komisi Informasi. Adapun dokumen regulasi pemerintah mengenai keterbukaan informasi publik dapat anda lihat pada tautan ini.

Selanjutnya PPID ini diharapkan dapat digunakan menjadi Informasi Publik pada semua tingkatan pengelola pada satuan kerja di lingkungan Politeknik Negeri Fakfak dalam mewujudkan tata kelolah pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab (good governance) di lingkungan Politeknik Negeri Fakfak dan Masyarakat Khususnya Kabupaten Fakfak Propinsi Papua Barat.

KOMENTARI TULISAN INI

...

Ir.Ilyas Mansur, M.T.

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya